Jumat, 25 September 2020

Bukti Rem Mobil Otomatis Belum Sepenuhnya Bisa Diandalkan


Autonomous Emergency Braking (AEB) atau pengereman darurat otonom pada mobil listrik populer, Tesla Model 3, gagal saat sedang diuji di China. Menurut video yang pertama kali beredar di media sosial China, Weibo, Model 3 yang lagi dites tak berhenti saat boneka pejalan kaki sedang menyeberang.
Mobil malah menabrak boneka itu, hal ini seolah menunjukkan potensi berbahaya jika terlalu mengandalkan fitur pengereman darurat otonom. Model 3 gagal tepat waktu mengenali boneka yang melintas di depannya untuk kemudian mengurangi kecepatan.

Sebelum dites di China, pengujian serupa juga pernah dilakukan di Amerika Serikat oleh American Automobile Association (AAA) pada tahun lalu. Hasilnya juga sama, Model 3 gagal mengenali objek yang tiba-tiba melintas di depannya dan melakukan tindakan mencegah tabrakan.

Tesla bukan satu-satunya produsen yang tidak mulus melewati ujian ini. Honda Civic dengan AEB juga pernah diuji serupa dan hasilnya tidak selalu memuaskan, sementara fitur yang dimiliki Volkswagen dan Volvo pernah sukses diuji.

AEB adalah salah satu teknologi otomotif yang revolusioner di dunia, namun sejauh ini belum sampai pada tahap bisa diandalkan sepenuhnya. Masih banyak faktor x yang membuatnya bisa gagal dalam penggunaan sehari-hari dengan potensi fatal.

Tidak ada komentar:
Write komentar