Rabu, 23 Desember 2020

Ragam Tren Foto Instagram 2020

Beragam tren editing foto dan video di Instagram mengalami banyak perubahan. Pada tahun 2019, pengguna Instagram hanya dapat menggunakan preset Lightroom ke postingan feed mereka. Namun sekarang fitur editing di Instagram semakin mudah untuk dipergunakan.

Rata-rata pengguna Instagram menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit untuk berfoto dan mengeditnya dari gawai mereka. Hal itu untuk mendapatkan foto yang ciamik sehingga mengundang Like di jejaring berbagi foto tersebut.

Beberapa tren foto anak muda di sepanjang tahun 2020 memiliki ragam teknik dan gayanya. Berikut ragam tren Foto Instagram di 2020:


1. #ThrowbackMirrorSelfie

Bagi para pegiat Instagram berada di rumah mungkin menjadi hal yang membosankan, terlebih hampir sepanjang tahun 2020 situasi pandemi mengharuskan untuk tetap berada dirumah. Walhasil hal ini dinilai sulit untuk "memberi makan" feed di akun Instagramnya.

Dengan adanya fenomena ini, tren #ThrowbackMirrorSelfie atau berfoto di depan cermin ini naik daun. Tren foto ini juga dianggap simple karena tidak perlu alat fotografi tambahan untuk melakukan mirror selfie.

Untuk membuat hasil foto yang ciamik, pengguna dapat menggunakan filter yang disediakan Instagram. Cara lain yang dapat dilakukan dengan menggunakan Adobe Lightroom untuk menambah tekstur film.


2. Memaksimalkan Foto Makanan.

Menampilkan foto makanan yang rapih dan halus banyak disukai orang beberapa waktu lalu, seperti susunan roti dengan secangkir kopi yang ditata rapih di atas meja. Namun kini estetika foto tersebut sudah berubah. Pengguna banyak menyukai foto dengan hasil yang terlihat cerah, jelas namun memiliki karakter yang berantakan.

Justru sebagian orang mengunggah foto yang terlihat close-up dan lebih dinamis. Hal ini dianggap sebagai estetika foto makanan ya terlihat lebih menggiurkan untuk dimakan.

Untuk mendapatkan potret makanan yang jelas dan memadai, beberapa ponsel asal China menyediakan fitur Ultra Clear 108MP yang dapat menunjang hasil foto hampir setingkat profesional hingga 108 MP.

Dengan fitur tersebut, pengguna tidak perlu lagi untuk menambahkan kontras dan saturasi tinggi untuk memotret makanan yang akan diunggah ke Instagram.


3. Hiasan Warna-warni LED

Tren foto Instagram lainnya adalah dengan gaya retro, yaitu dengan pantulan berbagai warna terang di feed Instagram.

Gaya ini dianggap cukup terkenal karena menghasilkan warna-warni berani pada objek foto sehingga terlihat bermandikan cahaya. Tren ini menghadirkan suasana hati yang aktif, sehingga cocok untuk jepretan yang sinematik.

Melakukan foto seperti ini tidak harus dibebankan dengan instalasi LED sebagai pantulannya. Beberapa gawai asal China sudah memiliki fitur seperti ini, dengan nama AI Color Potrait.

Fitur ini dapat mendeteksi wajah sehingga dapat diubah menjadi warna cerah serta dapat membuat latar belakang objek menjadi monokrom atau hitam-putih.

Tidak hanya untuk potret, fitur ini juga dapat digunakan untuk merekam dengan fitur AI Monochrome Video.


4. Tren foto "No Edit"

Dahulu instagram menjadi salah satu sarana unggahan foo yang penuh filter dengan hasil yang terbilang sempurna. Namun tren itu dianggap berakhir di 2020.

Pengguna cenderung menyukai foto yang terlihat seperti keadaan aslinya, alias "no filter". Hasil foto dengan sedikit tekstur dinilai lebih menarik daripada potret yang diedit.

Salah satu cara untuk mendapatkan hasil foto "no edit" dengan cara menggunakan fitur AI Beautification. Fitur berbasis artificial intelligence ini bisa ditemui di beberapa gawai pabrikan China.

Fitur AI Beautification 2.0 tersebut dinilai dapat memberikan fitur kecantikan secara otomatis, sekaligus dapat memberikan efek cerah dan dan kontras namun tetap mempertahankan tampilan aslinya.

Itulah tren foto di Instagram 2020, berbagai teknik memotret dapat dilakukan di rumah saja dengan memanfaatkan peralatan yang ada di rumah.

Tidak ada komentar:
Write komentar