Jumat, 13 Desember 2019

Viral, Ini Penampakan Karya Seni Pisang Dilakban yang Terjual Rp1,68 Miliar


ONEBET TECHPublik dibuat gempar dengan karya seniman yang bikin geleng-geleng kepala. Seorang seniman Itali, Maurizo Cattelan, membuat karya dari buah pisang yang ditempel di dinding dengan menggunakan lakban yang berwarna silver.

Tanpa disangka, karya seninya itu pun terjual 120.000 dollar AS atau sekitar Rp1,682 miliar di Art Basel di Kota Miami. Art Basel merupakan suatu festival internasional yang sangat dikenal untuk menarik perhatian publik, seperti selebritas dan tokoh seni dunia untuk mencari karya baru yang inovatif.

Festival ini sudah diadakan di tiga kota yang berbeda setiap tahunnya, yaitu di Florida, Hong Kong dan China. Karya seni dari Maurizo Cattelan ini diselenggarakan dalam bentuk konsep instalasi oleh Perrotin, sebuah galeri seni yang kontemporer bertempat di Paris.

Karya Maurizo Cattelan diberi nama  "Comedian". Pisang yang dilakban warna silver itu diperoleh dari toko makanan miami.

Sebelum penjualan karya seni yang ada di festival tersebut, pendiri Galeri Perrotin, Emanuel Perrotin mengatakan bahwa pisang merupakan suatu simbol perdagangan global, tujuan ganda, serta perangkat klasik untuk humor.

"Seniman mengubah benda-benda duniawi menjadi wahana dari rasa senang dan kritik". ungkap Perrotin.Agen Domino99 Terpercaya
Hal tersebut menjadi suatu perhatian bagi calon pembeli, yakni tidak ada instruksi dari kejelasan yang harus dilakukan jika buah pisang tersebut mulai membusuk.

Menurut keterangan resmi dari Galeri Perrotin, seniman itu pertama kali mempunyai ide pisang dilakban sudah dari tahun yang lalu. pada saat itu Cattelan memikirkan sebuah patung yang berbentuk seperti pisang.

"Setiap kali dia berpergian, dia membawa pisang dan menggantungnya di kamar hotel untuk mencari inspirasi. Sang seniman membuat beberapa model yang pertama dalam resin, kemudian dalam perunggu dan perunggu dicat (sebelum) akhirnya kembali lagi ke ide awal pisang yang nyata, " kata Perrotin.

Sementara itu, salah salah satu karya seni Cattelan yang sangat populer dan orang banyak mengetahuinya yaitu toilet emas 18 karat yang senilai Rp84,156 miliar. Ada juga karya toiletnya yang diberi nama "Amerika" tdan elah menjadi bagian dari pameran Cattelan, "Kemenangan Bukan Suatu Pilihan.



Tidak ada komentar:
Write komentar