Selasa, 25 Agustus 2020

Mengenal Siluman Perusak Tipe 055 yang Jaga Kapal Induk China


Angkatan Laut China diperkirakan akan kembali meluncurkan kapal perusak siluman Tipe 055 akhir 2020. Kapal itu diketahui sedang diperbaiki di sebuah galangan kapal di Dalian, Liaoning, China.
Kapal perusak siluman Tipe 055 adalah kapal berpeluru kendali kedelapan yang dirancang untuk AL China. Kapal itu nantinya akan menjaga kapal induk China.

Melansir SCMP, Selasa (25/8), ahli angkatan laut mengatakan dibutuhkan waktu hingga lima tahun agar kapal siap tempur. Karena desainnya yang canggih, kapal kitu harus melakukan sejumlah uji coba lebih jauh di lapangan.

AL China diketahui baru saja menerima kapal perusak Tipe 055 ketujuh pada bulan Mei 2020. Kapal tipe 055 pertama yang diberi nama Nanchang juga secara resmi memasuki layanan pada bulan Januari 2020, atau dua setengah tahun setelah peluncurannya.

Kapal perusak terbesar dan terkuat kedua di dunia
Dengan bobot perpindahan 12.000 ton, Tipe 055 adalah kapal perusak terbesar dan terkuat kedua setelah kapal DDG-1000 atau kelas Zumwalt milik AL Amerika Serikat. Tipe 055 dirancang untuk menjaga negara kapal induk Tipe 002 generasi berikutnya, yang memiliki sistem ketapel elektromagnetik tercanggih di dunia.

Kapal perusak siluman itu dapat menembakkan rudal jelajah anti-kapal, rudal jelajah serangan darat, dan torpedo anti-kapal selam yang diluncurkan oleh rudal.

Mantan instruktur di Akademi AL Taiwan, Lu Li-Shih mengatakan kapal perusak tersebut akan berperan sebagai pusat komando pertahanan udara. Akan tetapi, dia mengingatkan masalah yang dapat menyebabkan gangguan elektromagnetik pada kapal itu perlu diatasi.

"Tidak seperti kapal perusak lain yang dilengkapi dengan perangkat antena rumit di tiang, Tipe 055 memiliki tiang terintegrasi tertutup yang canggih, yang memungkinkannya untuk berkomunikasi dengan platform lain," ucap Lu.

"Tapi itu berarti lebih banyak waktu dibutuhkan bagi mereka untuk menjalani tes yang rumit dan komprehensif sebelum mereka dapat bergabung dengan angkatan laut," ujarnya kemudian.

Melansir National Interset, media pemerintah bulan lalu melaporkan bahwa beberapa kapal perang China telah dilengkapi generator turbo 20-megawatt canggih yang dapat memberi daya pada senjata berenergi tinggi seperti laser dan rail gun.

Laporan tersebut tidak mengkonfirmasi kapal mana yang memiliki generator yang kuat, tetapi sumber militer yang dekat dengan angkatan laut mengatakan mereka menaruhnya di Tipe 055 kedelapan dan beberapa kapal kembarnya.

Jika benar, perangkat tersebut akan melipatgandakan kapasitas pembangkit listrik di kapal perang, memungkinkan tenaga penggerak listrik penuh.

Tidak ada komentar:
Write komentar