Minggu, 27 Desember 2020

Waspada Scam Canggih yang Incar Data di Cloud Storage


Belakangan ini muncul rumor Scam canggih yang target sasarannya merupakan akun OneDrive atau sejenis penyimpanan data di Cloud. Perlu diketahui, scam adalah berita elektronik di internet yang dibuat untuk membohongi atau menipu seseorang.
Dengan scam tersebut, pengirim akan dapat mencuri data yang tersimpan, maupun data lengkap pribadi seseorang.

Data sendiri sudah menjadi komoditas yang berharga. Mungkin bagi orang awam data tidak menjadi keuntungan baginya. Sebaliknya, jika data dikumpulkan dan diolah oleh tangan jenius digital Big Data, maka data dapat menjelma menjadi bisnis luar biasa seperti yang dimiliki Facebook, Google, Alibaba, hingga Microsoft.

Beda halnya jika data ada di tangan kriminal, aset digital menjadi buruan mereka untuk mendapatkan keuntungan finansial dengan bermacam trik, salah satunya adalah scam canggih ini.

Scam canggih ini mulai menyebar di minggu ketiga bulan Desember 2020. Mekanisme penyebarannya melalui surat elektronik atau email yang menyasar akun OneDrive penerima surat.

Melansir situs Vaksin, Scam melangsungkan aksi kriminalnya dengan cara mengirimkan tautan ke email sasarannya.

Scam ini dinilai canggih karena dengan mudah penerima email yang mengklik sebuah tautan yang diberikan, dan tanpa sadar hal tersebut memberikan kredensial akun OneDrive kepada scammer. Walhasil scammer dapat meretas OneDrive yang Anda miliki.

Jika Anda pengguna penyimpanan data di layanan cloud storage seperti Google Drive, Onedrive, Dropbox atau layanan sejenisnya, maka wajib untuk ekstra hati-hati dalam menjaga data digital yang Anda miliki.

Salah satu cara untuk membentengi proteksi penyimpanan, dengan cara mengaktifkan OTP atau One Time Password. Langkah ini dianggap ampuh untuk melindungi akun.

Sekalipun pengguna terkecoh dengan kredensial yang diberikan, pencuri akun akan terblokir secara otomatis dan tidak bisa mengambil alih akun kembali. Jika OTP sudah diaktifkan, maka secara otomatis memasukkan password OTP yang hanya dikirimkan kepada pemilik akun saja.

Itulah mengapa penggunaan OTP dianggap sebagai kewajiban dalam menjaga sekuritas akun.

Email Scam akan datang melalui kontak yang dikenal, dan memalsukan isi surat dari domain yang terlihat terpercaya.

Tidak ada komentar:
Write komentar