Rabu, 28 Oktober 2020

Israel Buat Alat Jaga Jarak di Kantor Sebelum Pandemi Corona



Sebuah perusahaan teknologi Israel, PointGrab dilaporkan mengembangkan perangkat yang dapat membuat setiap karyawan untuk menjaga jarak ketika alias social distancing bekerja di kantor di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Perangkat itu diketahui menggunakan sensor dan dipasang di plafon ruang kerja.

Melansir CNN, PointGrab sejatinya mengembangkan teknologi itu sebelum pandemi. Mereka sengaja membuat itu untuk membantu manajer ruang kerja mengoptimalkan cara karyawan menggunakan ruang kantor.

Selain itu, perangkat tersebut memiliki sensor kebakaran yang juga dapat merekam jumlah pasti dan lokasi orang di gedung termasuk kantor, hotel, dan restoran.

Salah satu klien pertama PointGrab adalah Deloitte, yang memasang sistem di kantor pusatnya di London tahun lalu. Sensor PointGrab dihubungkan ke layar di gedung untuk menunjukkan ketersediaan meja dan area secara real time.

CEO PointGrab Doron Shachar mengatakan perangkat adalah salah satu dari serangkaian inovasi yang membantu Deloitte menyesuaikan 30 persen lebih banyak orang ke dalam ruang yang lebih kecil 3 persen.

Di tengah pandemi, PointGrab telah mengadaptasi teknologinya sehingga sensor juga dapat memantau jarak sosial dengan melacak seberapa jauh jarak orang dan apakah mereka melakukan perjalanan dalam satu arah di sekitar gedung.

Dengan kemampuan itu, manajer ruang kerja dapat memberi peringatan ketika dua orang berjarak kurang dari dua meter selama lebih dari 30 detik.

Melansir The Hill, perusahaan lain telah mengembangkan pendekatan berbeda untuk masalah tersebut. Perusahaan teknologi AS Camio, misalnya menggunakan perangkat lunak pendeteksi gambar yang bekerja dengan kamera pengawas untuk melacak seberapa dekat karyawan dan apakah mereka mengenakan masker. 

Terkait dengan PointGrab, disebutkan bahwa perusahaan itu telah menjual lebih dari 10.000 sensor untuk pengoptimalan ruang kerja, termasuk di kantor Coca-Cola, Facebook, dan Dell.

PointGrab mengatakan tidak ada gambar atau fitur pengenal yang direkam. Sebaliknya, setiap karyawan direpresentasikan sebagai titik anonim di dasbor.

"Sensor tersebut tidak melanggar privasi orang," kata Shachar.

Privasi diklaim adalah pertimbangan utama bagi banyak layanan manajemen fasilitas dan penyedia perangkat lunak yang bermitra dengan PointGrab.

Spacewell, penyedia perangkat lunak manajemen gedung memilih untuk memasukkan teknologi PointGrab ke dalam platform bangunan cerdasnya karena kemampuannya untuk menganonimkan data.

"Kami melakukan banyak bisnis dengan perusahaan perawatan kesehatan dan penyedia layanan keuangan, jadi sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki gambar atau data apa pun yang keluar dari perangkat," kata direktur pelaksana Spacewell Adrian Weygandt.

Meskipun sensor pintar saja mungkin tidak cukup untuk mengembalikan pekerja ke kantor, Shachar yakin mereka dapat membantu perusahaan mengambil langkah pertama.

Tidak ada komentar:
Write komentar